News

Diskominfosatik Kabupaten Serang Minta OPD Berikan Data yang Valid

SERANG – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang diminta untuk memberikan data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan kepada Badan Pusat Statistik (BPS). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Haerofiatna.

“Kepada OPD-OPD Kabupaten Serang saya berharap berikan data yang sesuai, yang valid dan reliabilitas, data yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan,” tegas Haero usai membuka Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan publikasikan Kabupaten Serang dalam Angka Tahun 2023 yang dilakukan BPS Kabupaten Serang di salah satu hotel di Kecamatan Waringin Kurung pada Selasa (21/2/2023).

Mantan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Sekretariat DPRD Kabupaten Serang ini mengapresiasi kegiatan FGD yang digelar BPS Kabupaten Serang, yang bertujuan untuk menciptakan buku Kabupaten Serang dalam angka.

“Karena perubahan angka yang bersifat kuantitatif dalam rangka menunjang kebijakan-kebijakan yang ada di Pemkab Serang. Pelaksanaan FGD, forum yang sangat luar biasa,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa acara FGD merupakan wadah yang cukup strategis bagi OPD di lingkungan Pemkab Serang. Oleh karenanya, pihaknya meminta kepada para peserta untuk semaksimal mungkin melakukan konsultasi, menanyakan kesahihan data dan mendistribusikan strategi pengumpulan serta penjagaan data di masing-masing sektor.

“BPS sebagai pembina data kiranya terus akan berperan untuk membimbing kami dalam menghasilkan data yang terus tetap berkualitas. Silahkan meminta rekomendasi statistik, berkonsultasi data atau saling berbagi data dengan kita semua d forum,” ujarnya.

Kepala BPS Kabupaten Serang, Tutty Amalia menerangkan, FGD sebagai wadah diskusi agar tercipta koordinasi yang baik antara BPS dan OPD penyedia data, sehingga publikasi yang dihasilkan lebih maksimal kualitasnya. “Mari membahas data yang kita hasilkan bersama baik tatacara pengumpulannya, kualitas datanya dan kebermanfaatan dari data itu sendiri,” katanya.

Berikutnya, dalam FGD, dia mengajak semua peserta untuk ikut mengawal proses berikutnya dari kegiatan prioritas nasional yaitu Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi Nasional yang sekarang sedang masuk proses pengolahan data.

“Insya Allah bulan Mei nanti akan dilaksanakan tahapan lanjutan yaitu pembahasan data atau rapat dengan ketua Rt dan aparat desa (FKP/Forum Komunikasi Publik). Semoga kegiatan regsosek ini bisa bermanfaat banyak dan dapat dilaksanakan dengan baik dengan hasil yang baik,” pungkasnya.

Penulis:NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *