HeadlineOlahraga

Lifter Banten Kembali Cetak Prestasi Luar Biasa di Level Internasional

SERANG – Atlet angkat besi atau lifter asal Banten Rizki Juniansyah menorehkan prestasi luar biasa di Kejuaraan Dunia International Weightlifting Federation (IWF) Junior World Champions di Kota Tashkent, Uzbekistan, yang berakhir Rabu (26/5/2021) malam.

Selain berhasil meraih medali emas di tiga kategori berbeda kelas 73 kg, Rizki juga mampu memecahkan rekor angkatan yang dibuatnya saat masih bermain di kelas remaja.

Pada Kejuaraan Dunia IWF Junior World Champions ini, ia mencatatkan best snatch 155 kg, clean and jerk 194 kg dan total angkatan 349 kg. Sebelumnya, di level remaja, rekor untuk snatch 145 kg, clean and jerk 180 kg dan total angkatan 325 kg.

Menyabet posisi teratas di kelas 73 kg, atlet asal Kota Serang itu dibayangi atlet asal India Sheuli Achinta dengan snatch 141 kg, clean and jerk 172 kg, serta total 313 kg serta atlet asal Rusia yakni Serobian di posisi ketiga dengan snatch 143 kg, clean and jerk 165 kg dan total 308 kg.

Ketua Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Banten, Muhamad Yassin merasa bangga dengan prestasi yang diraih Rizki di Kejuaraan Dunia IWF Junior World Champions di Kota Tashkent, Uzbekistan. Yasin, yang juga ayah kandung Rizki, lebih bangga lagi usai anaknya berhasil memecahkan rekor dunia kelas junior yang bertahan sejak tahun 2019.

“Catatan manis jelang keberangkatan Rizki membela Banten di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Mudah-mudahan jadi bekal positif Rizki meraih emas di Bumi Cenderawasih,” tuturnya.

Menurutnya, keberhasilan Rizki meraih medali emas berkat kedisiplinan dalam berlatih selama di Pelatnas. Selama latihan ia terus bekerja keras untuk bisa berprestasi dan memecahkan rekor yang dimiliki saat berlaga di kelas remaja. Hasil kerja keras tersebut mengantarkan dirinya bisa berjaya di Uzbekistan.

Sekarang, umur Rizki sendiri belum sampai 18 tahun dan sudah tergabung dalam Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON Banten bersama 218 atlet lainnya yang dibiayai dana hibah Pemprov Banten sejak 2019 lalu.

Sementara Ketua KONI Banten Rumiah Kartoredjo mengaku gembira dan bangga karena Rizki lagi-lagi menorehkan hasil luar biasa di level internasional.

“Saya yakin, jika mampu bekerja keras serta menjaga ritme latihan, Rizki bakal menjadi atlet andalan untuk Indonesia untuk ke depannya. Apalagi, selama ini Rizki juga telah mengharumkan nama Banten. Aset yang berharga bagi Banten dan Indonesia,” jabarnya.

Dirinya berharap, Rizki kelak menyumbangkan beberapa keping medali emas di PON Papua, Oktober mendatang. “Kini giliran Rizki mengangkat nama Banten di level nasional,” pungkas Rumiah yang diamini Yasin.

Penulis:NM

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *